Kegunaan Mangrove bagi Moluska, Udang dan krustasea

Moluska sangat banyak ditemukan pada areal mangrove di Indonesia. Budiman (1985) mencatat sebanyak 91 jenis moluska hanya dari satu tempat saja di Seram, Maluku. Jumlah tersebut termasuk 33 jenis yang biasanya terdapat pada karang, akan tetapi juga sering mengunjungi daerah mangrove. Beberapa dari 91 jenis kelompok moluska tersebut diketahui hidup di dalam tanah, sementara yang lainnya ada yang hidup di permukaan dan ada pula yang hidup menempel pada tumbuh-tumbuhan. Di lokasi lain, keragaman
jenis moluska tidak sebanyak di Seram, sebagai contoh Giesen, dkk (1991) mencatat 74 jenis moluska pada mangrove di Sulawesi Selatan, sementara Budiman (1988) menemukan 40 jenis di Halmahera. Sebanyak 24 jenis dari 40 jenis yang ditemukan Budiman (1988) merupakan jenis-jenis yang hidup di daerah mangrove, sehingga dapat dikatakan sebagian besar dari jenis-jenis moluska tersebut hidup di daerah mangrove.

Kepiting juga umum ditemukan di daerah mangrove. Dari setiap meter persegi dapat ditemukan 10 - 70 ekor kepiting (Macintosh, 1984), khususnya jenis-jenis penggali dari genus Cleistocoeloma, Macrophthalmus, Metaplax, Ilyoplax, Sesarma dan Uca (Wada & Wowor, 1989 & Sasekumar, dkk, 1989). Kepiting Mangrove Scylla serrata merupakan kepiting yang hidup di daerah mangrove yang bernilai ekonomi tinggi (Delsman, 1972). Lebih dari 100 jenis kepiting mangrove diketahui hidup di Malaysia dan 76 jenis di Singapura. Sayangnya, pengetahuan mengenai kepiting mangrove di Indonesia sangat sedikit sekali dipelajari. Giesen, dkk (1991) mencatat sebanyak 28 jenis kepiting di mangrove Sulawesi Selatan didominasi oleh genus Sesarma dan Uca.

Mangrove juga merupakan habitat penting bagi berbagai jenis krustasea lainnya, termasuk berbagai jenis udang-udangan yang memiliki nilai komersial penting. Sasekumar, dkk (1992) mencatat sebanyak 9 jenis udang di sungai-sungai kecil di mangrove Selangor, Malaysia, yang sebagian besar diantaranya merupakan anakan. Giesen, dkk (1991) mencatat sebanyak 14 jenis udang termasuk Macrobrachium (8 jenis), Metapeneus (2 jenis) dan Palaemonetes (2 jenis) pada mangrove di Sulawesi Selatan. Toro (dalam Manuputty, 1984) mencatat sebanyak 28 jenis krustasea, termasuk 8 jenis udang pada habitat mangrove di Pulau Pari, Teluk Jakarta. Dua jenis yang paling umum ditemukan adalah Thalassina anomala dan Uca dussumieri.